Rabu, 14 Januari 2015

LAPORAN UAS KEWIRAUSAHAAN (JUDUL PROGRAM SOUVENIR DARI STIK  ICE CREAM UNTUK HIASAN RUMAH DAN TEMPAT PERALATAN SEKOLAH DENGAN HARGA TERJANGKAU)

LAPORAN KEWIRAUSAHAAN








JUDUL PROGRAM
SOUVENIR DARI STIK  ICE CREAM UNTUK HIASAN RUMAH DAN TEMPAT PERALATAN SEKOLAH DENGAN HARGA TERJANGKAU
Dosen Pembimbing :
Andi Nu Graha, SE., M.Si
DisusunOleh:
KRISTIN PETRA LAIKYER         (120404020021)
MARDIYANTO YIWA NGARA   (120404020014)
MARIA ADRIANI LODA              (120404020013)
MARTINA GERONTINI                (120404020026)
MEGA PRICILA ENDANG B        (120404020018)
YUNI FERIANTI                           (120404020019)

PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS KANJUTUHAN MALANG
2015



BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Usaha adalah suatu bentuk yang dapat menghasilkan uang dan dapat meningkatkan taraf hidup seseorang untuk menjadi lebih baik.Suatu usaha yang kita jalani dapat menghasilkan laba semaksimal mungkin jika tekun dalam menjalani usaha tersebut.Banyak cara yang dilakukan dalam memulai atau menjalani uasaha seperti membuat produk sendiri yang akan dijual.Di dunia usaha sekarang ini tidak hanya produk yang pembuatanya menggunakan tangan manusia tetapi dari proses produksi menggunakan mesin  yang canggih, hanya dengan ide kami dapat menciptakakan suatu produk yang unik dan dapat mengundang konsumen untuk tertarik dan diminati oleh kalangan masyarakat. Contoh salah satu ide dari kami yaitu pembutan souvenir dari stik ice cream, dari sini akan menciptakan berbagai macam kreatifitas.
v    Keunikan dari stik ice cream ini adalah ketika sudah selesai proses pembutannya akan menghasilkan berbagai macam souvenir seperti tempat pensil,figura,lampu tidur,gantungan gunci dan lain sebagainya. Dan dihias dengan pita, di cat, tambahkan kain flanel yang di bentuk berbagai gambar yang lucu maka disini kelihatan unik souvenir yang kami ciptakan dengan inovasi baru. Oleh karena itu  akan mengundang minat dari masyarakat, dan akan menarik perhatian mereka
v    Keunggulan yang di miliki dari produk kami ini yaitu bermanfaat bagi kalangan pelajar seperti tempat pensil, tempat tisu,lampu tidur,gantungan kunci dan bukan saja bagi kalangan pelajar tetapi bagi masyarakat luas karaena dengan berbagai macam souvenir ini mempunyai kepusaan tersendiri, contohnya saat memajangkan souvenir di dalam rumah di ruang tamu itu mungkin terlihat indah dan akan terasa nyaman saat di pandang dan dari berbagai macam souvenir yang kami hasilkan akan menambah rasa kepusan tersendiri bagi konsumen.





BAB II
PELAKSANAAN BISNIS

2.1. Deskripsi Usaha
a. Bidang Usaha
v  Bidang Usaha
Bidangusaha kami adalah Souvenir dari Stik  Ice Cream untuk Hiasan Rumah dan Tempat Peralatan Sekolah dengan Harga Terjangkau. Kami merumuskan judul program ini dimana souvenir yang biasa kami temui di pasaran souvenir berbahan dasar dari kaca, kardus, plastik, dan lilin.
Maka di sini kami menciptakan produk yang berbeda dan inovasi baru untuk mampu bersaing di pasar.Usaha yang kami kembangkan ini tergolong produksi barang dan jasa baru yang sudah ada tetapi berbeda dengan souvenir yang lain dan inovasi yang baru. Di mana souvenir kami menggunakan bahan dasar dari kayu yang tahan lama dan sesuai dengan penggunaan serta perawatan yang baik. Souvenir ini adalah salah satu kerajin tangan yang harus kami kembangkan dan ciptakan inovasi berbagai bentuk agar konsumen tidak bosan untuk melihat maupun membelinya.

v   Jenis Produk
Jenis produk yang kami sediakan sebagai berikut:
1.      Tempat pensil.
2.      Figura.
3.      Lampu tidur.
4.      Gantungan kunci.

v  Kegunaan, Keunggulan, Dan Keuniakan
Keunikan dari stik ice cream  ini adalah ketika sudahselesai proses pembutannya akan menghasilkan berbaga imacam souvenir seperti tempat pensil, figura, lampu tidur, gantungan guncidan lain sebagainya. Dan dihias dengan pita, di cat,tambahkan kain flanel yang di bentuk berbagai gambar yang lucu maka disini kelihatanunik souvenir yang kami ciptakan dengan inovasi baru. Oleh karena itu  akan mengundang minat dari masyarakat, dan akan menarik perhatian mereka Keunggulan        yang di milikidariproduk kami ini yaitu bermanfaat bagi kalangan pelajar seperti tempat pensil, tempat tisu,lampu tidur, gantungan kunci dan bukan saja bagi kalangan pelajar tetapi bagi masyarakat luas karaena dengan berbagai macam souvenir ini mempunyai kepusaan tersendiri, contohnya saat memajangkan souvenirdi dalam rumah di ruang tamuitu mungkin terlihat indah dan akan terasa nyaman saat di pandang dan dari berbagai macam souvenir yang kami hasilkan akan menambah rasa kepusan tersendiri bagi konsumen.

v   Lokasi Usaha
Segmenpasar yang kami bidikuntukpemasaran souvenir kamiadalahkampus Universitas Kanjuruhan Malang, sekolah TK yang terletak di dekat kampus, kos mahasiswa dan media sosial. Diperkirakan dengan jumlah Mahasiswa dan para dosen Universitas Kanjuruhan Malang yang mencapai kurang lebih1800 jiwa 70 %  mahasiswa yang dijadikan peluang konsumen untuk penjualan produk kami. Kegiatan usaha ini kami lakukan dengan proses promosi di setiap kelas, ruang dosen, dan juga masyarakat sekitar, sekolah-sekiolah yang ada di sekitar lingkungan kampus dan juga di kos mahasiswa.

v   Bentuk Usaha
Produk kami banyak pesaing di pasaran maka di sini kami memasaran sesuai dengan sasaran dan target yang pas. Jadi produk kami mampu bersaing di pasaran dan di prediksikan bisa mencapai target yang kami rencanakan. Di mana kami harus selalu aktif menyaring informasi untuk penjualan produk ini. Oleh karena itu, kami selalu menciptakan inovasi-inovasi terbaru dari berbagai bentuk souvenir yang kami ciptakan.

v   Struktur Organisasi
 








v   Jumlah Tenaga Kerja
Pada unit kegiatana usaha kami, kami memiliki 6 orang tenaga kerja, diamana kami membagi tugas dalam kegiatan pada organisasinya sebagai berikut :
1)             Ketua kelompok Yuni Ferianti  berperan dalam memimpin dan mengatur penjadwalan berlangsungnya kegiatan pada para anggota dalam kelompok. Dan membantu membuat menyelesaikan produk serta prososal yang kami selesaikan.
2)             Anggota kelompok bertugas melaksanakan perintah ketua kelompok  sekaligus memberi masukan tentang bagaimana cara yang lebih baik untuk melaksanakan kegiatan dan melaksanakan kegiatan sesuai dengan tugasnya masing – masing, antara lain :
3)             Kristin Petra Laikyer dan Martina Gerontini sebagai desain grafis.
4)             Maria Adriani Loda , Mega Priscila dan Mardianto Y. Ngara sebagai bagian operasional (mengelem, membentuk dan mengecat stik serta  menjahit kain flanel sesuai desain).

v   UKM MITRA
Bapak Efi supriyanto merupakan seorang pendiri home industri Souvenir(berbasis bisnis keluarga), di malang. Sudah lima tahun beliau menekuni usaha produksi souvenir yang diberi nama “Queen Souvenir”. Yang berada di Jl.Klayatan1 Malang, beliau melangsungkan segala kegiatan mulai dari proses pembuatan, pengepack-an, hingga proses pendistribusian. Untuk kualitas produk yang bagus dan unik buatan Bapak Efi supriyanto sendiri, saat ini sudah tidak lagi diragukan, dalam satu hari nya, sekurang-kurangnya “Queen souvenir” bisa terjual hingga 100pack, ini berarti dalam setiap harinya Bapak Efi Supriyanto bisa memperoleh laba bersih minimal sekitar Rp.7.00.000 jumlah yang terbilang cukup besar untuk kegiatan usaha yang dikerjakan dan dikelola sendiri. Melalui Beliau, kami melihat dan belajar langsung mengenai cara pembuatan Souvenir yang baik dan benar sehingga bisa menghasilkan produk yang bagus. Dengan mengikuti bimbingan beliau, kami bisa memastikan bahwa kami bisa berhasil menciptakan sebuah produk yang bagus dan laku untuk dipasarkan.



2.2 Kegiatan Pemasaran

v   Target Konsumen
Jika melihat kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Tetapi, kami menyiasatinya dengan inovasi berbeda dari produk-produk yang sudah ada. Yaitu, dengan inovasi stik ice cream, dengan berbagai macam bentuk souvenir yang unik, harga yang ekonomis, dan yang paling penting menambah rasa kepuasan dari para konsumen. Dengan ini, kami yakin produk yang kami miliki mampu bersaing dengan peserta lainnya.
Segmen pasar yang kami bidik untuk kegiatan usaha ini adalah kampus kami Universitas Kanjuruhan Malang. Diperkirakan dengan jumlah Mahasiswa dan para dosen Universitas Kanjuruhan Malang. Larangan yang mencapai kurang lebih 1800 jiwa 70% adalah Mahasiswa yang dijadikan sasaran bidik pasar. Kegiatan usaha ini kami lakukan dengan proses promosi di setiap kelas, ruang dosen, dan juga masyarakat sekitar, sekolah-sekiolah yang ada di lingkungan kampus dan juga di kos mahasiswa.
Kegiatan usaha ini kami laksanakan di kampus, khususnya diUniversitas Kanjuruhan Malang. Bidang usaha di kerajinan tangan memiliki peluang yang menjanjikan, karena berbagai macam souvenir ini merupakan kebutuhan sekunder manusia, ditambah lagi dengan banyaknya Mahasiswa dan dosen di Universitas kanjuruhan Malang, bukan saja itu tetapi masyarakat yang ada di sekitar kampus kami

v   Wilayah Pemasaran
Untuk wilayah pemasaran tetap dalam usaha kami adalah wilayah sekitar kampus Universitas Kanjuruhan Malang.Selebihnya, wilayah pemasaran kami bersifat tidak tetap, karena menyesuaikan dengan jumlah produk yang tersedia, dan kami lebih memilih berfokus pada pelayanan online dalam pemasaran produk kami.

v   Situasi Persaingan
Produk kami banyak pesaing di pasaran maka di sini kami memasaran sesuai dengan sasaran dan target yang pas. Jadi produk kami mampu bersaing di pasaran dan di prediksikan bisa mencapai target yang kami rencanakan. Di mana kami harus selalu aktif menyaring informasi untuk penjualan produk ini. Oleh karena itu, kami selalu menciptakan inovasi-inovasi terbaru dari berbagai bentuk souvenir yang kami ciptakan.

v  Jumlah Dan Harga Produk
           Jumlah produk yang kami sediakan sebagai berikut:
1.              Tempat pensil.
2.              Figura.
3.         Lampu tidur.
4.              Gantungan kunci.
 Harga Jual
 Tarif harga jual disesuaikan dengan harga pasar dari hasil survei yang kami lakukan di lapangan,tetapi dari produk yang kami hasilkan itu ada sebagian yang harga jualnya disesuaikan dengan tingkat kerumitan dalam pembuatan suvenir tersebut.
1.      Tempat Pensil              Rp. 10.000
2.      Figura                          Rp. 12.000
3.      Lampu tidur                Rp. 30.000
4.      Gantungan kunci         Rp. 3.000


2.3. Kegiatan Produksi/Penjualan/Barag Dan Jasa
v  Bahan Baku/ Barang Dagangan
Bahan dan alat yang digunakan yaitu:
1.      Stik ice cream.
2.      Lem kayu (rajawali).
3.      Kuas lukis.
4.      Kertas karton.
5.      Cat kayu (avitex).
6.      Gunting.
7.      Karter.
8.      Pensil.

Bahan penambah
1.      Kain flanel.
2.      Pita.
3.      Rante.
4.      Monte.
5.      Mika berwarna.

v  Alat/teknologi
1.      Gunting
2.      Curter
3.      Pensil
v  Proses Produksi
1.      Pilih kayu steak ice cream yang bagus dan sama sisi.
2.      Cat satu per satu steak ice cream dengan cat kayu avitex.
3.      Jemur steak ice cream tersebut hingga kering.
4.      Susun steak ice cream sesuai dengan bentuk dan ukuran souvenir yang akan di buat.
5.      Di beri variasi dengan motif-motif bunga, boneka, pita berwarna-warni.
6.      Di tambahkan lampu di tengah-tengah bentuk steak ice cream yang sudah disusun      untuk souvenir hiasan “Lampu Tidur”.
7.      Di beri mika berwarna pada samping kanan, kiri, depan dan belakang bentuk steak ice cream yang sudah disusun lampu hiasan kamar tidur.     

v   Kapasitas Produksi/ Jumlah Pembelian Barang Dagangan

Dalam 1 minggu kami melakukan kegiatan produksi 3-5 kali produksi dengan jumlah produksi kami setiap minggu mencapai 4-5 produk dari masing-masing produk yang kami produksikan, kenapa kami hanya mencapai sedikit produk, itu mungkin karena jumlah tenaga kerja yang sedikit dan butuh ketekunan dan keahlian dalam memproduksi produk yang akan kami pasarkan.






2.4. Laporan Keuangan

Modal awal memulai bisnis                 Rp.240.000

Total biaya yang diperlukan                Rp. 239.800                           
                       Sisa saldo      Rp.       200
Hasil Produksi Per Minggu

1.      Tempat Pensil      7 buah X Rp.   10.000 ............................  Rp. 70.000
2.      Lampu Tidur          5 buah X Rp.  30.000.............................  Rp. 150.000
3.      Gantungan kunci 15 buah X Rp.   3.000..............................  Rp.   45.000
4.      Figora                    5 buah X Rp.   12.000............................. Rp.  60.000
 JUMLAH....................................................................... Rp.325.000


Jadi:
Pendapatan Hasil Penjualan 1 Minggu sebesar ......................Rp. 325.000
Biaya awal perencanaan Produksi sebesar...............................Rp. 239.800
Total pendapatan Per Minggu sebesar....................................Rp. 115.200





Untuk Produksi Per Bulan
Pendapatan Hasil Penjualan Per Bulan sebesar                       Rp.1.300.000
Biaya Produksi sebesar                                                              Rp.  959.200
Total Pendapatan Per Bulan Sebesar                                        Rp. 340.800                                                        

Untuk Produksi Per 3 bulan
Proses Produksi Rugi/Laba (satu kali proses produksi) per 3 Bulan
Pendaptan Hasil Penjualan  3 Bulan X Rp. 325.000  =          Rp.3.900.000
Biaya Produksi                  3 Bulan X Rp. 239.800  =           Rp. 2.877.600
Total pendapatan selama3 bulan                                           Rp.1.022.400    
Sisa saldo awal                                                                       Rp.         200
TOTAL LABA Per 3 Bulan Sebesar                                  Rp. 1.022.600






BAB III
KEBERLANJUTAN USAHA

v  Hambatan Usaha
Secara umum, berdasarkan aspek sumbe rdaya, aspek produksi, aspek pemasaran, hingga aspek keuangan, kami sama sekali tidak menemukan kendala. Hambatan usaha kami hanya terletak pada jarak tempat tinggal masing-masing anggota yang terbilang sangat jauh, dan bebedanya jam kegiatan kami, sehingga kami sedikit mengalami kendala dalam pengkoordinasian dan pelaksanaan kegiatan usaha.
Dan yang paling merupakan kendala adalah ketika pembuatan souvenir ini butuh keahlian khusus karena dari semua anggota kami ini hanya beberapa saja yang pandai dan bisa dalam pembuatan produksinya, da yang lainnya hanya membantu untuk kelanjutan produksinya.

v  Keyakinan Kelangsungan Usaha
Program ini dirancang untuk memiliki keberlanjutan yang baik dalam memanfaatkan stik ice cream untuk pembuatan souvenir sehingga mempunyai nilai fungsi lainnya. Setelah kegiatan pelaksanaan ini selesai, kami akan melanjutkan kegiatan usaha kami  akan terus dilakukan karena manfaatnya yang besar dan bersifat mutualistik. Dukungan dan komitmen yang sangat besar dari pimpinan UniversitasKanjuruhan Malang  terhadap keikutsertaan dan partisipasi aktif dalam  menjamin keberlanjutan serta kelancaran berjalannya seluruh program yang diusulkan.
Pada dasarnya, kegitan praktik kewirausahaan ini kami laksanakan untuk meraih kesiapan mental kami dalam bersaing di dunia kerja jika kelak kami telah lulus dari Universitas Kanjuruhan Malang. Mengingat pada saat ini, jumlah lapangan kerja yang tersedia di Indonesia sangat terbatas, maka berwirausaha adalah pilihan yang terbaik yang bisa kami gunakan untuk memenuhi kebutuhan kami. Oleh karena itu, kami (seluruh anggota mahasiswa pelaksana kegiatan), sepakat untuk tetap menjaga kekompakan dan solidaritas, agar prooduk souvenir dari stik ice cream bisa tetap berkembang, setidaknya hingga kami semua bisa mendapatkan pekerjaan yang telah kami impikan sebelum kami memilih progam study Akuntansi sebagai progam study yang kami pelajari di Universitas Knjuruhan Malang.

Setelah 3bulan kami menjalankan kegiatan usaha souvenir dari ice cream, kami merasakan banyak manfaat. Secara Ekonomi, unit kegiatan usaha kami telah memberikan kami penghasilan tambahan sebagai mahasiswa aspek pemasaran, aspek ekonomi dan social, serta aspek keuangan, kami merasa sangat yakin untuk melanjutkan kegiatan usaha kami.







BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Souvenir merupakan salah satu jenis kerajin tangan yang unik dan sangat di minati oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dan dewasa hampir seluruhnya menyukai souvenir, hal ini dikarenakan keunikan yang bagus dan harganya yang terjangkau..Dan kesimpulan dari kegiatan yang telah kami lakukan adalah bahwa kami sangat memerlukan proses pembelajaran seperti ini. Bahkan dapat kami simpulkan bahwa modal bukan lah segalanya dalam dunia usaha seperti ini, asal ada kemauan dan keinginan untuk berusaha pasti kita bisa melakukannya. Hanya saja kita harus benar-benar melihat peluang yang ada serta berbagai hal yang penting seperti target dan pemasarannya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar