LAPORAN KEWIRAUSAHAAN
JUDUL PROGRAM
SOUVENIR DARI
STIK ICE CREAM UNTUK HIASAN RUMAH DAN
TEMPAT PERALATAN SEKOLAH DENGAN HARGA TERJANGKAU
Dosen Pembimbing :
Andi Nu Graha, SE., M.Si
DisusunOleh:
KRISTIN PETRA LAIKYER (120404020021)
MARDIYANTO YIWA NGARA
(120404020014)
MARIA ADRIANI LODA (120404020013)
MARTINA GERONTINI (120404020026)
MEGA PRICILA ENDANG B (120404020018)
YUNI FERIANTI (120404020019)
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS KANJUTUHAN
MALANG
2015
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Usaha adalah suatu bentuk yang
dapat menghasilkan uang dan dapat meningkatkan taraf hidup seseorang untuk
menjadi lebih baik.Suatu usaha yang kita jalani dapat menghasilkan laba
semaksimal mungkin jika tekun
dalam menjalani usaha tersebut.Banyak cara yang dilakukan dalam memulai atau
menjalani uasaha seperti membuat produk
sendiri yang akan dijual.Di dunia usaha
sekarang ini tidak hanya produk yang
pembuatanya menggunakan tangan manusia tetapi
dari proses produksi menggunakan mesin
yang canggih, hanya dengan ide kami
dapat menciptakakan suatu produk yang unik dan dapat mengundang konsumen untuk
tertarik dan diminati oleh kalangan masyarakat. Contoh salah satu ide dari kami
yaitu pembutan souvenir
dari stik ice cream, dari sini akan menciptakan berbagai macam kreatifitas.
v
Keunikan
dari stik ice cream ini adalah ketika sudah selesai proses pembutannya akan
menghasilkan berbagai macam souvenir seperti tempat
pensil,figura,lampu
tidur,gantungan gunci
dan lain sebagainya. Dan dihias dengan pita, di cat, tambahkan kain flanel yang di
bentuk berbagai gambar yang lucu maka disini kelihatan unik souvenir yang kami ciptakan dengan inovasi baru. Oleh
karena itu akan mengundang minat dari masyarakat, dan akan menarik
perhatian mereka
v
Keunggulan
yang di miliki dari produk kami ini yaitu bermanfaat bagi kalangan pelajar
seperti tempat pensil, tempat tisu,lampu tidur,gantungan kunci dan bukan saja bagi kalangan pelajar tetapi bagi
masyarakat luas karaena dengan berbagai macam souvenir
ini mempunyai kepusaan tersendiri, contohnya saat memajangkan souvenir di dalam rumah
di ruang tamu itu mungkin terlihat indah dan akan terasa nyaman saat di pandang dan dari berbagai macam souvenir yang kami hasilkan akan menambah rasa kepusan
tersendiri bagi konsumen.
BAB II
PELAKSANAAN BISNIS
2.1. Deskripsi Usaha
a. Bidang Usaha
v Bidang Usaha
Bidangusaha kami
adalah Souvenir dari Stik
Ice Cream untuk Hiasan Rumah dan Tempat Peralatan Sekolah dengan Harga
Terjangkau. Kami merumuskan judul program ini dimana souvenir yang biasa kami
temui di pasaran souvenir berbahan dasar dari kaca, kardus, plastik, dan lilin.
Maka
di sini kami menciptakan produk yang berbeda dan inovasi baru untuk mampu
bersaing di pasar.Usaha yang kami kembangkan ini tergolong produksi barang dan
jasa baru yang sudah ada tetapi berbeda dengan souvenir yang lain dan inovasi
yang baru. Di mana souvenir kami menggunakan bahan dasar dari kayu yang tahan
lama dan sesuai dengan penggunaan serta perawatan yang baik. Souvenir ini
adalah salah satu kerajin tangan yang harus kami kembangkan dan ciptakan
inovasi berbagai bentuk agar konsumen tidak bosan untuk melihat maupun membelinya.
v Jenis Produk
Jenis produk yang kami sediakan
sebagai berikut:
1.
Tempat pensil.
2.
Figura.
3.
Lampu tidur.
4.
Gantungan kunci.
v Kegunaan,
Keunggulan, Dan Keuniakan
Keunikan dari stik ice cream ini adalah ketika sudahselesai proses pembutannya akan menghasilkan berbaga imacam souvenir seperti tempat pensil, figura, lampu tidur, gantungan
guncidan lain sebagainya.
Dan dihias dengan pita, di cat,tambahkan kain flanel yang di
bentuk berbagai gambar yang lucu maka disini kelihatanunik souvenir yang kami ciptakan
dengan inovasi baru. Oleh karena itu
akan mengundang minat dari masyarakat,
dan akan menarik perhatian mereka Keunggulan yang di milikidariproduk kami ini yaitu bermanfaat bagi kalangan pelajar seperti tempat pensil, tempat tisu,lampu tidur, gantungan kunci dan bukan saja bagi kalangan pelajar tetapi bagi masyarakat luas karaena dengan berbagai macam souvenir ini mempunyai kepusaan tersendiri, contohnya saat memajangkan
souvenirdi dalam rumah
di ruang tamuitu mungkin terlihat indah dan akan terasa nyaman saat di pandang dan dari berbagai macam
souvenir yang kami hasilkan akan menambah rasa kepusan tersendiri bagi konsumen.
v
Lokasi Usaha
Segmenpasar yang
kami bidikuntukpemasaran souvenir
kamiadalahkampus Universitas Kanjuruhan Malang, sekolah TK yang terletak di dekat
kampus, kos mahasiswa dan media sosial. Diperkirakan dengan jumlah Mahasiswa dan para dosen
Universitas Kanjuruhan Malang yang mencapai kurang lebih1800 jiwa 70 % mahasiswa yang
dijadikan peluang konsumen untuk penjualan
produk kami. Kegiatan usaha ini kami lakukan dengan proses promosi
di setiap kelas, ruang dosen, dan juga masyarakat sekitar,
sekolah-sekiolah yang ada di sekitar lingkungan kampus dan juga di kos
mahasiswa.
v
Bentuk Usaha
Produk
kami banyak pesaing di pasaran maka di sini kami memasaran sesuai dengan
sasaran dan target yang pas. Jadi produk kami mampu bersaing di pasaran dan di
prediksikan bisa mencapai target yang kami rencanakan. Di mana kami harus
selalu aktif menyaring informasi untuk penjualan produk ini. Oleh karena itu,
kami selalu menciptakan inovasi-inovasi terbaru dari berbagai bentuk souvenir
yang kami ciptakan.
v
Struktur Organisasi
v
Jumlah Tenaga Kerja
Pada unit kegiatana
usaha kami, kami memiliki 6 orang tenaga kerja, diamana kami membagi tugas dalam kegiatan pada
organisasinya sebagai berikut :
1)
Ketua kelompok Yuni
Ferianti berperan dalam memimpin dan
mengatur penjadwalan berlangsungnya kegiatan pada para anggota dalam kelompok.
Dan membantu membuat menyelesaikan produk serta prososal yang kami selesaikan.
2)
Anggota kelompok
bertugas melaksanakan perintah ketua kelompok sekaligus memberi masukan
tentang bagaimana cara yang lebih baik untuk melaksanakan kegiatan dan
melaksanakan kegiatan sesuai dengan tugasnya masing – masing, antara lain :
3)
Kristin Petra
Laikyer dan Martina Gerontini sebagai desain grafis.
4)
Maria Adriani Loda
, Mega Priscila dan Mardianto Y. Ngara sebagai bagian operasional (mengelem,
membentuk dan mengecat stik serta
menjahit kain flanel sesuai desain).
v
UKM MITRA
Bapak Efi
supriyanto merupakan seorang pendiri home industri Souvenir(berbasis bisnis
keluarga), di malang. Sudah lima tahun beliau menekuni usaha produksi souvenir
yang diberi nama “Queen Souvenir”. Yang berada di Jl.Klayatan1 Malang, beliau
melangsungkan segala kegiatan mulai dari proses pembuatan, pengepack-an, hingga
proses pendistribusian. Untuk kualitas produk yang bagus dan unik buatan Bapak
Efi supriyanto sendiri, saat ini sudah tidak lagi diragukan, dalam satu hari
nya, sekurang-kurangnya “Queen souvenir” bisa terjual hingga 100pack, ini
berarti dalam setiap harinya Bapak Efi Supriyanto bisa memperoleh laba bersih
minimal sekitar Rp.7.00.000 jumlah yang terbilang cukup besar untuk kegiatan
usaha yang dikerjakan dan dikelola sendiri. Melalui Beliau, kami melihat dan
belajar langsung mengenai cara pembuatan Souvenir yang baik dan benar sehingga
bisa menghasilkan produk yang bagus. Dengan mengikuti bimbingan beliau, kami
bisa memastikan bahwa kami bisa berhasil menciptakan sebuah produk yang bagus
dan laku untuk dipasarkan.
2.2 Kegiatan Pemasaran
v
Target Konsumen
Jika melihat
kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama, memang sudah
cukup banyak. Tetapi, kami menyiasatinya dengan inovasi berbeda dari
produk-produk yang sudah ada. Yaitu, dengan inovasi stik ice cream, dengan berbagai macam bentuk souvenir yang unik,
harga yang ekonomis, dan yang paling penting
menambah rasa kepuasan dari para konsumen.
Dengan ini, kami yakin produk yang kami miliki mampu bersaing dengan peserta
lainnya.
Segmen pasar
yang kami bidik untuk kegiatan usaha ini adalah kampus kami Universitas Kanjuruhan Malang.
Diperkirakan dengan jumlah Mahasiswa dan
para dosen Universitas Kanjuruhan Malang. Larangan
yang mencapai kurang lebih 1800 jiwa 70% adalah Mahasiswa yang dijadikan sasaran
bidik pasar. Kegiatan usaha ini kami lakukan dengan proses promosi di setiap
kelas, ruang dosen, dan juga masyarakat sekitar,
sekolah-sekiolah yang ada di lingkungan kampus dan juga di kos mahasiswa.
Kegiatan usaha ini kami
laksanakan di kampus,
khususnya diUniversitas Kanjuruhan Malang.
Bidang usaha di kerajinan tangan memiliki
peluang yang menjanjikan, karena berbagai
macam souvenir ini merupakan kebutuhan sekunder manusia, ditambah lagi dengan banyaknya Mahasiswa dan dosen di
Universitas kanjuruhan Malang, bukan saja itu tetapi masyarakat yang ada di
sekitar kampus kami
v
Wilayah Pemasaran
Untuk wilayah
pemasaran tetap dalam usaha kami adalah wilayah sekitar kampus Universitas
Kanjuruhan Malang.Selebihnya, wilayah pemasaran kami bersifat tidak tetap,
karena menyesuaikan dengan jumlah produk yang tersedia, dan kami lebih memilih
berfokus pada pelayanan online dalam pemasaran produk kami.
v
Situasi Persaingan
Produk
kami banyak pesaing di pasaran maka di sini kami memasaran sesuai dengan
sasaran dan target yang pas. Jadi produk kami mampu bersaing di pasaran dan di
prediksikan bisa mencapai target yang kami rencanakan. Di mana kami harus
selalu aktif menyaring informasi untuk penjualan produk ini. Oleh karena itu,
kami selalu menciptakan inovasi-inovasi terbaru dari berbagai bentuk souvenir
yang kami ciptakan.
v Jumlah Dan
Harga Produk
Jumlah produk yang kami sediakan sebagai berikut:
1.
Tempat pensil.
2.
Figura.
3.
Lampu tidur.
4.
Gantungan kunci.
Harga Jual
Tarif harga jual disesuaikan dengan harga
pasar dari hasil survei yang kami lakukan di lapangan,tetapi dari produk yang
kami hasilkan itu ada sebagian yang harga jualnya disesuaikan dengan tingkat
kerumitan dalam pembuatan suvenir tersebut.
1.
Tempat Pensil Rp. 10.000
2.
Figura Rp.
12.000
3.
Lampu tidur Rp. 30.000
4.
Gantungan kunci Rp. 3.000
2.3. Kegiatan
Produksi/Penjualan/Barag Dan Jasa
v
Bahan Baku/ Barang Dagangan
Bahan dan alat yang digunakan yaitu:
1.
Stik ice cream.
2.
Lem kayu
(rajawali).
3.
Kuas lukis.
4.
Kertas karton.
5.
Cat kayu (avitex).
6.
Gunting.
7.
Karter.
8.
Pensil.
Bahan penambah
1.
Kain flanel.
2.
Pita.
3.
Rante.
4.
Monte.
5.
Mika berwarna.
v Alat/teknologi
1. Gunting
2. Curter
3. Pensil
v
Proses Produksi
1.
Pilih kayu steak
ice cream yang bagus dan sama sisi.
2.
Cat satu per satu
steak ice cream dengan cat kayu avitex.
3.
Jemur steak ice
cream tersebut hingga kering.
4.
Susun steak ice
cream sesuai dengan bentuk dan ukuran souvenir yang akan di buat.
5.
Di beri variasi
dengan motif-motif bunga, boneka, pita berwarna-warni.
6.
Di tambahkan lampu
di tengah-tengah bentuk steak ice cream yang sudah disusun untuk souvenir hiasan “Lampu Tidur”.
7.
Di beri mika
berwarna pada samping kanan, kiri, depan dan belakang bentuk steak ice cream
yang sudah disusun lampu hiasan kamar tidur.
v
Kapasitas Produksi/ Jumlah Pembelian Barang Dagangan
Dalam 1 minggu kami melakukan kegiatan produksi 3-5 kali
produksi dengan jumlah produksi kami setiap minggu mencapai 4-5 produk dari
masing-masing produk yang kami produksikan, kenapa kami hanya mencapai sedikit
produk, itu mungkin karena jumlah tenaga kerja yang sedikit dan butuh ketekunan
dan keahlian dalam memproduksi produk yang akan kami pasarkan.
2.4. Laporan Keuangan
Modal awal
memulai bisnis Rp.240.000
Total biaya yang diperlukan Rp. 239.800
Sisa saldo Rp. 200
Hasil
Produksi Per Minggu
1.
Tempat
Pensil 7 buah X Rp. 10.000 ............................ Rp. 70.000
2.
Lampu
Tidur 5 buah X Rp. 30.000............................. Rp. 150.000
3.
Gantungan
kunci 15 buah X Rp.
3.000..............................
Rp. 45.000
4.
Figora 5 buah X Rp. 12.000............................. Rp. 60.000
JUMLAH.......................................................................
Rp.325.000
Jadi:
Pendapatan Hasil Penjualan 1 Minggu sebesar ......................Rp.
325.000
Biaya awal
perencanaan Produksi sebesar...............................Rp. 239.800
Total pendapatan Per Minggu
sebesar....................................Rp. 115.200
Untuk Produksi Per Bulan
Pendapatan Hasil Penjualan Per Bulan sebesar Rp.1.300.000
Biaya Produksi sebesar
Rp. 959.200
Total
Pendapatan Per Bulan Sebesar Rp. 340.800
Untuk
Produksi Per 3 bulan
Proses Produksi Rugi/Laba (satu kali proses produksi)
per 3 Bulan
Pendaptan Hasil Penjualan 3 Bulan X Rp. 325.000 =
Rp.3.900.000
Biaya Produksi 3 Bulan X Rp. 239.800 = Rp. 2.877.600
Total pendapatan selama3 bulan Rp.1.022.400
Sisa saldo
awal
Rp. 200
TOTAL LABA Per 3 Bulan Sebesar Rp. 1.022.600
|
BAB III
KEBERLANJUTAN USAHA
v Hambatan Usaha
Secara umum,
berdasarkan aspek sumbe rdaya,
aspek produksi, aspek pemasaran, hingga aspek keuangan, kami sama sekali tidak
menemukan kendala. Hambatan usaha kami hanya terletak pada jarak tempat tinggal
masing-masing anggota yang terbilang sangat jauh, dan bebedanya jam kegiatan
kami, sehingga kami sedikit mengalami kendala dalam pengkoordinasian dan
pelaksanaan kegiatan usaha.
Dan
yang paling merupakan kendala adalah ketika pembuatan souvenir ini butuh
keahlian khusus karena dari semua anggota kami ini hanya beberapa saja yang
pandai dan bisa dalam pembuatan produksinya, da yang lainnya hanya membantu
untuk kelanjutan produksinya.
v Keyakinan Kelangsungan
Usaha
Program
ini dirancang untuk memiliki keberlanjutan yang baik dalam memanfaatkan stik
ice cream untuk pembuatan souvenir sehingga mempunyai nilai fungsi lainnya.
Setelah kegiatan pelaksanaan ini selesai, kami akan melanjutkan kegiatan usaha
kami akan terus dilakukan karena
manfaatnya yang besar dan bersifat mutualistik. Dukungan dan komitmen yang
sangat besar dari pimpinan UniversitasKanjuruhan Malang terhadap keikutsertaan dan partisipasi aktif
dalam menjamin keberlanjutan serta
kelancaran berjalannya seluruh program yang diusulkan.
Pada
dasarnya, kegitan praktik kewirausahaan ini kami laksanakan untuk meraih
kesiapan mental kami dalam bersaing di dunia kerja jika kelak kami telah lulus
dari Universitas Kanjuruhan Malang. Mengingat pada saat ini, jumlah lapangan
kerja yang tersedia di Indonesia sangat terbatas, maka berwirausaha adalah
pilihan yang terbaik yang bisa kami gunakan untuk memenuhi kebutuhan kami. Oleh
karena itu, kami (seluruh anggota mahasiswa pelaksana kegiatan), sepakat untuk
tetap menjaga kekompakan dan solidaritas, agar prooduk souvenir dari stik ice
cream bisa tetap berkembang, setidaknya hingga kami semua bisa mendapatkan
pekerjaan yang telah kami impikan sebelum kami memilih progam study Akuntansi
sebagai progam study yang kami pelajari di Universitas Knjuruhan Malang.
Setelah 3bulan
kami menjalankan kegiatan usaha souvenir
dari ice cream, kami merasakan banyak manfaat. Secara
Ekonomi, unit kegiatan usaha kami telah memberikan kami penghasilan tambahan
sebagai mahasiswa aspek pemasaran, aspek ekonomi dan social, serta aspek
keuangan, kami merasa sangat yakin untuk melanjutkan kegiatan usaha kami.
BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Souvenir merupakan salah satu jenis kerajin tangan yang
unik dan sangat di minati oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja,
dan dewasa hampir seluruhnya menyukai souvenir, hal ini dikarenakan keunikan
yang bagus dan harganya yang terjangkau..Dan
kesimpulan dari kegiatan yang telah kami lakukan adalah bahwa kami sangat
memerlukan proses pembelajaran seperti ini. Bahkan dapat kami simpulkan bahwa
modal bukan lah segalanya dalam dunia usaha seperti ini, asal ada kemauan dan
keinginan untuk berusaha pasti kita bisa melakukannya. Hanya saja kita harus
benar-benar melihat peluang yang ada serta berbagai hal yang penting seperti
target dan pemasarannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar